November 23, 2023

Helm yang beredar saat ini memiliki banyak sekali kode keamanan yang harus Anda pahami. Selain SNI atau Standar Nasional Indonesia, ada dua jenis kode helm pada motor yang seringkali dipampang pada produk itu sendiri. Kode tersebut adalah DOT dan Snell

Atribut seperti ini pasti sering Anda temukan pada jenis produk helmet import. Ada yang sudah tahu apa pengertian dari kode tersebut dan perbedaan diantara keduanya? Bagi para biker, hal tersebut tentu sangat penting untuk dipahami. Mari kita bahas hal ini lebih lanjut.

Pengertian Atribut DOT

Atribut dengan kata DOT sangat umum ditemukan pada helm yang dipasarkan di negara kita. Lantas apa sebenarnya makna dari tanda tersebut? Perlu diketahui, DOT adalah singkatan dari Department of Transportation. Tanda tersebut merujuk pada Departemen Transportasi Amerika Serikat.

Departemen Transportasi sendiri berada di bawah pengawasan NHTSA atau National Highway Traffic Safety Administration. Jadi sederhananya istilah DOT tersebut merupakan SNI versi Amerika Serikat. Tentu saja ada beberapa pengujian yang dilakukan sebelum stiker DOT didapatkan oleh produk dari brand manapun.

Diantara model pengujian tersebut adalah tes benturan yang diaplikasikan terhadap dummy (imitasi) manusia. Lalu produk akan dijatuhkan dari ketinggian tertentu dan sensor dummy akan mendeteksi apakah produk tersebut layak atau tidak. Tes kelayakan tersebut umumnya dilakukan sebanyak dua kali.

Pengertian Atribut Snell

Kode helm pada motor lainnya adalah Snell. Atribut tersebut dirilis oleh lembaga non profit yang masih berdomisili di Amerika Serikat. Berbeda dengan atribut sebelumnya yang diawasi langsung oleh pemerintah, kode snell diawasi oleh pihak ke tiga.

Namun standarisasi dari Snell ini ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan DOT. Snell sendiri biasa diaplikasikan terhadap helm balap dan menjadi standarisasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan cap lainnya. Jadi proses pengujian pada standar Snell ini jauh lebih berat dibandingkan atribut lainnya.

Saat ini kedua kode helm pada motor tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Dengan memahami kedua atribut yang sudah kami jelaskan di atas, tentu Anda bisa dengan mudah memilih produk mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *