July 13, 2024

Dari sekian banyak part yang bisa Anda temukan pada kendaraan roda dua, salah satu yang paling penting adalah chain atau rantai motor. Cara merawat rantai motor ini juga tidak sulit sama sekali. Komponen yang berperan sebagai penggerak kendaraan ini harus dijaga dengan baik kondisinya.

Ketika part tersebut tidak dijaga dengan baik, tentu saja ada banyak resiko yang akan Anda hadapi dari mulai bunyi berdetak pada bagian gear hingga putus. Cara melakukan perawatan chain motor juga sangat mudah untuk dilakukan. Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah.

Periksa Kekencangan Rantai Serta Kondisi Gear

Cara merawat rantai motor yang pertama adalah memastikan kalau kekencangannya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Batas kekencangan chain biasanya berkisar antara 25 – 35 mm. Jika chain terlalu kencang, maka akan berdampak pada komponen lainnya. Begitu juga jika chain terlalu longgar, maka akan mudah lepas.

Pastikan untuk melakukan penyetelan komponen ini secara rutin. Tentu saja proses penyetelan ini juga harus disesuaikan dengan standarisasi yang berlaku. Proses penyetelan harus dilakukan di tempat yang benar-benar datar agar keadaan rantai seimbang dan ban motor bisa diputar bebas.

Temukan permasalahan pada rantai dan lakukan analisis apakah chain motor terlalu kencang atau tidak. Tentunya Anda harus mengikuti standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Tujuannya agar chain motor tetap awet dan bisa digunakan jangka panjang.

Setel dan Lumasi dengan Cairan Pelumas Rantai yang Direkomendasikan

Cara merawat rantai motor selanjutnya adalah melakukan penyetelan terhadap rantai secara rutin (jika terjadi masalah). Apabila pada rantai Anda tidak ditemukan masalah apapun, Anda hanya perlu melumasinya saja.

Namun pastikan untuk menggunakan pelumas yang direkomendasikan oleh perusahaan agar memaksimalkan performa dari chain itu sendiri dan membuatnya tetap awet. Hindari penggunaan pelumas yang tidak direkomendasikan. Resikonya akan sangat buruk terhadap kendaraan.

Salah satu bentuk kesalahan pengguna motor adalah menggunakan oli bekas untuk melumasi motor. Hal ini akan berdampak buruk terhadap performa rantai karena akan membuatnya cepat aus. Ini merupakan cara merawat rantai motor yang salah dan wajib Anda hindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *