5 Penemu Teknologi Dari Indonesia yang Harus Anda Tahu

Dunia ini semakin maju karena didukung oleh penemuan–penemuan historis dari masa ke masa. Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak juga penemu teknologi dari Indonesia. Tidak ada yang menyadari kalau penemuannya ini bahkan sudah diakui oleh dunia.

Sebagai negara berkembang, Indonesia memang seringkali disepelekan dalam dunia teknologi. padahal ada banyak anak bangsa yang justru berkontribusi besar dalam pengemabngan teknologi itu sendiri. Penasaran siapa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Ada yang kenal siapa pria satu ini? R.M Sedyatmo adalah penemu teknologi cakar ayam pada dunia konstruksi. Beliau merupakan lulusan tahun 1934 dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat ini teknologi cakar ayam pada pondasi digunakan oleh banyak negara di dunia. Salah satu tempat yang menggunakannya adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta.

Khoirul Anwar

Nama lainnya datang dari kalangan muda bernama Khoirul Anwar. Pria satu ini menjadi penemu konsep dua FFT atau Fast Fourier Transform. Teknologi tersebut kemudian diterapkan ke dalam pengembangan 4G di seluruh dunia. Penemuan ini dipatenkan pada tahun 2005 dan menjadi standari dari ITU atau International Telecommunication Union.

Yogi Ahmad Erlangga

Pemuda satu ini menjadi penemu rumus matematika yang kini dipergunakan dalam dunia perminyakan. Dia berhasil memecahkan persamaan Helmholtz dengan sangat baik menggunakan sistem matematika seismik  robust. Pria lulusan Teknik Penerbangan ITB 1993 ini juga mendapatkan penghargaan Achmad Bakrie sebagai ilmuwan muda berprestasi.

Randall Hartolaksono

Sosok penemu lain dari Indonesia adalah Randall Hartolaksono. Pemuda satu ini adalah lulusan dari University of London dan berhasil menemukan bahan bakar anti panas dari kulit singkong. Awalnya penemuan Randall memang sempat disepelekan. Namun kemudian dia mendapatkan apresiasi dari brand otomotif dunia seperti Ford dan Petronas.

Muhammad Nurhuda

Sosok penemu lainnya adalah Muhammad Nurhuda yang berhasil mengembangkan kompor ramah lingkungan. Beliau adalah dosen Fakultas MIPA di Universitas Brawijaya. Kompor yang dibuat oleh pria satu ini mendapatkan reaksi positif dari negara Amerika dan Asia Pasifik.

Tidak hanya 5 nama di atas saja, ada juga nama penemu teknologi dari Indonesia lainnya seperti Tjokorda Raka Sukawati yang menemukan konstruksi Sosrobahu LPBH atau Warsito P. Taruno yang menjadi penemu perangkat untuk terapi kanker. Bukan hal yang tidak mungkin kalau nanti nama Anda yang masuk ke deretan nama tersebut.

Leave a Comment